mysponsor

);

pencarian Google

Kamis, 13 Oktober 2011

Celluler dan Kode Aktivasi Mitra seluler

PETUNJUK PENGGUNAAN PROGRAM MITRA SELULER
1. SETING PROGRAM.
setelah  anda  masuk  program  ini  pertama  kali  yg  anda  harus  lakukan  adalah  seting program,  caranya  sbb;  dari  halaman  utama  program  klik  'setting',  kemudian  silahkan masuk ke bagian-bagian yg harus anda setting seperti berikut ini ;
a. Seting Nama Toko
isilah form berikut dengan data toko anda, data yg anda isikan mengenai nama toko anda akan ditampilkan pada nota maupun laporan cetak printer.
i  anda  bisa  menggunakan  gambar  logo  sendiri,  untuk  menggunakan  logo  usaha  anda sendiri, tempatkan gambar logo anda di folder : C:\Program Mitraseluler\SERVDB\Pic\Logo
ii jika ada kolom yg tidak anda isi (dikosongkan), silahkan isi dengan karakter berikut; - (contoh seperti pada motto diatas)
iii 'timer info' merupakan nilai kecepatan jalannya kalimat pada 'info produk', kalau 'info produk' kolomnya tidak diisi (dikosongkon) maka pada 'timer info' beri nilai '0'
b. Setting Tahun Anggaran
i. tgl. mulai dan tgl. akhir adalah periode 1 tahun pembukuan (anda dapat menentukan sendiri 1 tahun pembukuan menurut versi anda). Ini berguna supaya program melakukan backup  secara  automatis  dalam  1  tahun  pembukuan  jika  tahun  pembukuan  sudah berakhir.
c. Setting kas awal harian
kas awal adalah modal kas awal setiap hari kerja. (bisa anda ubah-ubah setiap hari sesuai modal kas awal yg anda sediakan). untuk mengosongkan saldo awal dan kas awal tuliskan angka nol 2 kali, sbb; 00
d. Setting Umum
Hal-hal penting yg harus anda perhatikan dalam melakukan setting umum ini, sbb;
i. isi kode faktur (nota) sesuai ketentuan anda, kode faktur ini akan muncul sebagai bagian depan dalam rangkaian nomer seri sebuah faktur (misalkan: faktur penjualannya BRG-1 ;
ini berarti kode fakturnya BRG- dan no. faktur penjualannya adalah 1 ), kode faktur boleh menggunakan huruf/simbol/angka, atau boleh juga dikosongkan.
ii. pilih no. faktur, jika pilih otomatis maka komputer yang akan membuat urutan sendiri secara  otomatis  pada  no.  faktur  disetiap  transaksi  penjualan.  jika  pilihan  manual  kita sendiri  yang  harus  membuat  no.  faktur  disetiap  transaksi  penjualan.  Untuk  faktur penjualan ini pertama kali harus anda reset supaya menghitung dari nomor awal.
iii. pilih bentuk nota sesuai pilihan yg ada ; besar, sedang, atau kecil
iv.pilih mode print, jika ingin setiap transaksi langsung mencetak hasilnya ke print silahkan pilih  langsung  cetak  tapi  jika  hanya  ingin  menampilkan  hasil  preview  maka  pilihlah preview.
v. pilih periode tanggal, pilih harian jika anda ingin menampilkan laporan harian atau pilih bulanan jika anda ingin menampilkan laporan bulanan atau pilih semua tanggal jika anda ingin menampilkan laporan dari semua tanggal. untuk isian selanjutnya bisa anda biarkan sesuai defaultnya.
vi. pilih harga beli ingin ditampilkan atau disembunyikan.

2. MENGATUR HAK AKSES
Pertama tama anda harus membuat user baru, misalkan anda mau membuat akses untuk kasir  yang  hanya  boleh  memakai  menu-menu  tertentu  sesuai  yang  anda  kehendaki.
langkahnya sbb;
a. dari halaman utama program, klik 'Tool'
b. klik 'create user baru'
c. kemudian isi ; nama user :kasir password  :kasir konfirmasi :kasir d. klik 'ok'
Sekarang  menentukan  menu  apa  saja  yang  boleh  diakses  oleh  user  kasir,  langkah- langkahnya sbb;
a. dari halaman utama program, klik 'Tool'
b. klik 'hak akses'
c. pada pilihan user, pilih kasir
d.  tandai  menu  yang  boleh  diakses  sesuai  keinginan  anda,  pilih  menu  seperti  contoh diatas.
e. klik 'simpan'
untuk mencoba hasilnya coba anda keluar dari program dan masuk lagi, tapi isi login sbb;
nama user :kasir password  :kasir
coba  sekarang  anda  masuk  ke  menu  yang  tidak  boleh  dibuka  kasir,  misalkan  menu laporan stock barang, pasti tidak bisa masuk.



3. INPUT DATA BARANG (STOCK)
sebelum menggunakan program ini untuk mencatat kegiatan transaksi, anda pertama kali harus mencatat seluruh stock barang , sbb ;
a. dari halaman utama program, klik 'data'
b. klik 'barang'
c. klik 'tambah'(perhatikan tulisan berwarna merah itu tanda bahwa kolom tersebut wajib diisi atau tidak boleh dibiarkan kosong)
d.  isi  nama  suplier,  klik  'F'  untuk  mengambil  data  suplier  dari  database,  pilih  suplier kemudian double klik untuk mengambilnya. jika belum ada, berarti anda harus mencatat data suplier baru; klik 'tambah', isikan data suplier setelah selesai klik 'simpan', kemudian
klik  'refresh',  data  suplier  yang  baru  saja  anda  masukkan  akan  ditampilkan  disitu,  pilih data suplier tsb, kemudian double klik untuk mengambilnya.
e.  isi  kategori  dengan  klik  menu  drop  down  (tanda anak  panah  kebawah)  dan  memilih kategori yang disediakan.
f.  isi  kode  barang  ;  bisa  huruf,  angka,  simbol  atau  campuran  dari  ketiga-tiganya.  Klik tombol 'tab' untuk pindah kekolom bawahnya (tombol 'tab' berfungsi untuk memindahkan kursor ke setiap kolom dibawahnya).
g. isi nama barang
h. isi satuan dengan klik menu drop down dan anda bisa memilih dari yg disediakan, kalau dalam pilihan belum ada anda bisa menuliskannya.
i. isi harga beli
j. isi harga jual ; untuk harga jual ini juga disediakan harga grosir berdasarkan quantity (dimana  harga  akan  berbeda  bila  jumlah  yg  dibeli  berbeda,  semakin  banyak  yg  dibeli harga akan semakin murah). Untuk mengisi harga grosir sebelumnya anda harus mengisi item harga jual lebih dahulu setelah itu klik tombol huruf G dan akan muncul pilihan harga grosir berdasarkan quantity. contoh penggunaan sbb; pertama anda isi harga jual 2000 itu merupakan harga retile untuk penjualan sebanyak 1 buah, kemudian klik G dan isi harga 1
sebesar 1900 untuk penjualan antara 2 sampai dengan 11 , kemudian isi harga 2 sebesar
1800 untuk penjualan sebesar 12 sampai dengan 24, begitu seterusnya. Nanti pada saat anda   menjual    produk    tersebut    sebanyak    15    buah    maka    program    otomatis    akan menggunakan harga 2 sebesar 1800.
k. isi jumlah stock ; artinya jumlah seluruh persediaan barang yang ada atau dimiliki.
l. isi jumlah barang yang akan dipajang di toko, nanti sisanya akan otomatis ditempatkan
di gudang.
m. isi stock minimal ; ini adalah jumlah barang yang menjadi batas minimal yang harus ada, sehingga bila jumlah stock sudah masuk ke jumlah minimal maka anda harus mulai membeli barang tersebut untuk menambahnya.
n.  isi   tanggal  garansi  ;  untuk  isi  tanggal  garansi  klik   tombol  huruf  D  dan  pilih tanggal,bulan,dan tahun yg dikehendaki. (jika barang dengan jumlah lebih dari satu dan dengan imei/no. Seri yang bermacam-macam lebih baik tanggal garansi tidak usah diisi disini tapi nanti waktu input no. imei disana ada tempat untuk input tanggal garansi juga)
o. isi merek barang jika ada
p. isi seri ; isikan no.imei atau no.seri dengan klik tombol imei, kemudian isikan no.imei, tanggal garansi jika ada, dan keterangan seperti warna hp. Jika ingin melihat tabel data no.imei anda tinggal klik data imei, anda juga bisa mengubahnya atau menghapusnya.
r. Kalau anda ingin menampilkan gambar untuk produk anda, klik browse kemudian ambil file gambar yg anda kehendaki.
s. klik 'simpan'



4. MENCATAT TRANSAKSI PENJUALAN [ PEMBELIAN SAMA ]
i. Shortcut untuk catat penjualan adalah tombol [F9] dan shortcut untuk pembelian adalah
[F10],  artinya  anda  bisa  masuk  langsung  ke  menu  ini  dari  halaman  utama  program dengan menekan tombol [F9].
ii.Saat   pertama   kali   masuk   menu   ini   kursor   akan   berada   di   kolom   kode,   untuk menampilkan data barang yang mau dijual ada tiga cara ;
a. ketik kode data barang yang mau anda jual (tinggal lihat di label barang tersebut, harusnya sudah diberi label kode saat input stock)
b.  klik  mouse,  lihat  dikolom  kode  akan  muncul  tanda  drop  down  (anak  panah  ke bawah), anda klik maka akan muncul tabel data barang tinggal anda cari barang yang dikehendaki dan double klik dengan mouse untuk mengambilnya.
c. tekan  tombol  [F11]  untuk  menampilkan  tabel  data  barang.  cari  barang  yang dikehendaki dan double klik dengan mouse untuk mengambilnya.
iii. Pada tabel penjualan jika anda mau lompat kekanan dari kolom satu kekolom yang lain tekan tombol [ENTER], kalo anda mau berpindah ke baris bawahnya dari kolom manapun anda berada tekan saja tombol [SHIFT], untuk naik ke baris atasnya tekan tombol [  ] .
iv. Untuk mengisi no.imei letakkan kursor pada kolom imei kemudian klik menu dropdown (tanda anak bawah kebawah) nanti akan muncul tabel imei, kemudian klik data imei,pilih imei kemudian double klik. Atau anda juga bisa mengisinya secara manual.
v.    Setiap    data    transaksi    penjualan/pembelian        akan      ditampilkan    di    menu    'Daftar penjualan/pembelian'    ,    anda    bisa    mencari    data    transaksi,    mengubahnya        atau menghapusnya.
vi. Transaksi kredit pada penjualan disebut pihutang, data pihutang akan ditampilkan di menu  'pihutang',  Transaksi  kredit  pada  pembelian  disebut  hutang,  data  hutang  akan ditampilkan di menu 'hutang'.
5.  MENGUBAH  /  MENGHAPUS  /  MELIHAT  DETILE  DATA  PENJUALAN  YANG  SUDAH TERJADI. [ PEMBELIAN SAMA ]
Masuk menu daftar penjualan, menu ini berisi seluruh transaksi penjualan yg sudah terjadi atau dengan kata lain setiap transaksi penjualan yg terjadi akan muncul di menu daftar penjualan. untuk masuk ke menu daftar penjualan, langkahnya sbb ;
a. dari halaman utama klik menu 'penjualan', kemudian klik menu 'daftar penjualan'.
b.  dimenu  daftar  penjualan  ini  anda  bisa  melihat  transaksi  yg  terjadi  baik  harian, mingguan, bulanan atau dalam periode tertentu (tinggal set tanggal awal dan akhir sesuai keinginan).
c.  anda  bisa  mencari  data  transaksi  penjualan  dengan  menggunakan  fungsi  cari  yg tersedia, caranya tinggal memasukkan kata kunci yang ada seperti ; no. faktur, tanggal transaksi, atau data yg lainnya.
d. untuk melihat data transaksi secara detile, caranya ; block data transaksi penjualan yg dikehendaki,  klik  mouse  kanan,  klik  'detile',  lihat  di  display  bawah  akan  muncul  data transaksi penjualan secara detile.
e. untuk edit data transaksi, caranya ; block data transaksi penjualan yg dikehendaki, klik mouse kanan, klik 'edit', kemudian anda bisa edit transaksi penjualan dan 'simpan'.
f.  untuk  menghapus  data  transaksi,  caranya  ;  block  data  transaksi  penjualan   yg dikehendaki, klik mouse kanan, klik 'delete'.


6. MENCATAT SERVICE MASUK
a. dari halaman utama klik menu 'service', klik 'service masuk'
b. isi nomor nota, gunakan tombol 'tab' untuk pindah kekolom nama, alamat, tgl. Masuk dan tgl diambil
c.  Gunakan  tombol  'tab'  untuk  menempatkan  kursor  dikolom  'jenis  barang',  dan  untuk pindah ke kolom berikutnya gunakan tekan 'enter'.
d. kalau sudah ada dikolom 'sparepart' anda bisa mengisinya dengan berbagai sparepart
yg anda pakai untuk service tsb, caranya klik panah bawah yg ada disitu dan kursor akan pindah  ke  kolom  kode  dibagian  bawah,  klik  huruf  'F'  kemudian  pilih  sparepart  yg dikehendaki    kemudian    double    klik    untuk    mengambilnya.    Kemudian    isi    jumlah    yg dibutuhkan dan klik 'oke', kalau sparepart yg dipakai lebih dari satu jenis, anda masukkan lagi sparepart yg lain dengan cara yg sama seperti tadi, perhatikan pada kalau 'sparepart'
di  tabel  atas  jumlahnya  akan  terus  bertambah  sesuai  dengan  sparepart  yg  anda  pakai. Setelah  selesai  klik  'selesai'  dan  kursor  akan  melompat  ke  kolom  'biaya  service'  isi jumlahnya kemudian tekan 'enter' untuk mendapatkan totalnya dan otomatis kursor akan berpindah ke baris bawah, dan siap untuk barang selanjutnya.
e. setelah barang yg dicatat ditabel selesai, klik F3 untuk mengisi jumlah uang muka yg diberikan pelanggan, tetapi bila itu akan dibayar saat barang diambil maka isikan angka
'0', kemudian tekan 'enter' untuk menyimpannya.

Keterangan ;
a. Semua transaksi yang dicatat pada menu servis masuk, akan masuk dan ditampilkan menu daftar servis.
b. Untuk servis masuk yg dibayar dibelakang akan dicatat juga sebagai pihutang.
c.  khusus  untuk  penjualan  servis  akan  dilaporkan  juga  secara  khusus  di  menu  laporan penjualan servis.

7. MENCATAT SERVICE KELUAR
a. dari halaman utama, klik menu 'service' , klik 'service keluar'
b.  isi  nomor  nota  atau  klik  F  untuk  mengambil  data  service  dari  database,  pilih  data service yg mau diambil kemudian double klik. Bila didatabase belum ada berarti barang yg akan diambil belum selesai diservice.
c. sebaliknya bila barang sudah selesai diservice maka datanya akan ditampilkan beserta dengan sisa pembayaran yg harus dibayar oleh pelanggan, kemudian klik 'simpan'.

Keterangan:
Setiap barang yg telah dicatat masuk untuk di service akan ditampilkan di daftar service dan  apabila  selesai  akan  di  tandai  'selesai'  ,  dan setelah  ditandai  selesai  akan otomatis masuk dalam database service keluar, sehingga barang siap diambil kapan saja (baca di daftar service bagian d ).


8. DAFTAR SERVICE
a. dari halaman utama, klik menu 'service', klik 'daftar service'.
b. di menu daftar service ini anda bisa melihat semua data service masuk baik dalam satu hari, minggu maupun periode tertentu tinggal atur tanggal awal dan akhirnya. Anda bisa mencari data service dengan memasukkan kata kunci dikolom cari kemudian klik 'ok'.
c.  anda  bisa  mengubah  data,  menghapus  data,  melihat  detile  transaksi  service,  detile sparepart yg dipakai, dan juga dapat menandai barang yg sudah selesai diservice, dengan cara;  block  data  service  yg  dikehendaki,  kemudian  klik  mouse  sebelah  kanan.  Akan muncul menu yg tersebut diatas (lihat gambar), kemudian pilih menu yg dibutuhkan.
d. setiap kali barang sudah selesai diservice anda harus memberi tanda selesai pada data tersebut  sehingga  data  akan  masuk  ke  daftar  barang  yg  siap  untuk  diambil.  Caranya; block  data  service  yg  anda  tentukan  dan  klik  kanan  mouse,  kemudian  pilih  'selesai', kemudian klik 'refresh' . Coba lihat data service yg anda ubah, pada kolom selesai akan berubah dari 'belum' menjadi 'ya'.



9. DEADLINE SERVICE
a. dari halaman utama, klik menu 'service', klik 'deadline service'.
b. disini anda bisa melihat daftar barang  yg  service  yg harus  diselesaikan  dalam waktu tertentu  sehingga  anda  bisa  mengatur  prioritas  pengerjaan  service.  Misalkan  anda memasukkan  7  hari,  maka  program  akan  menampilkan  semua  barang  yg  harus  selesai diservice sejak hari ini sampai 7 hari mendatang.


10. MENCATAT TRANSAKSI BAYAR PIHUTANG  [BAYAR HUTANG SAMA] Untuk catat transaksi bayar pihutang, langkahnya sbb ;
a. dari halaman utama klik 'penjualan'
b. klik 'pihutang'
c. klik 'bayar pihutang'
d. ketik no. faktur yang akan dibayar, anda bisa juga ambil dari database dengan klik 'F', pilih data pihutang kemudian double klik untuk mengambilnya.
e. isi jumlah uang yg dibayarkan (pelanggan bisa mengangsur atau melunasinya)
f. pilih cara pembayarannya, isi data yg diminta. g. klik 'simpan'
Keterangan:
a. Apabila pelanggan melunasi pihutang, data dari pihutang akan secara otomatis terhapus dari database, anda bisa lihat di menu 'cek pihutang' data pihutang yg dilunasi tidak akan muncul lagi (terhapus).
b.  Data  transaksi  pembayaran  pihutang  akan  muncul  di  menu  'daftar  pembayaran pihutang',  dan dimenu  tersebut  anda bisa mencari  data yang  anda butuhkan  mengenai pihutang yang telah dibayar.


11. MENCATAT TRANSAKSI RETURN JUAL [RETURN BELI SAMA]
untuk mencatat transaksi return penjualan, langkahnya sbb ;
a. dari halaman utama klik 'penjualan'
b. klik 'return jual'
c. klik 'return baru'
d.  ketik  no.  faktur  dari  barang  yg  akan  direturn,  anda  bisa  juga  ambil  dari  database dengan  klik  'F',  pilih  faktur  dari  barang  yg  akan  direturn  kemudian  double  klik  untuk mengambilnya.
e. pilih 'kode  barang' yg akan direturn dengan klik menu  dropdown (tanda anak panah kebawah)
f. isi kolom 'keterangan' dengan alasan apa barang direturn. (misalkan; rusak, kadaluarsa, dll.)
g.  isi  kolom  'jumlah  return'  sesuai  jumlah  yg  mau  direturn,  jika  anda  langsung  mau menempatkan ke gudang silahkan klik 'D' dan isikan jumlah di kolom 'gudang'.
h. klik 'ok', data barang yg direturn akan muncul didisplay bawah, jika sudah benar klik
'simpan'

Keterangan:
a.  barang  yang  sudah  berhasil  direturn  akan  muncul  di  daftar  return  penjualan,  untuk melihatnya klik 'cek return'.
b.  di  menu  'cek  return'  anda  juga  dapat  mencari  data  transaksi  return  penjualan  yang sudah terjadi dengan menggunakan fungsi cari.
c.  transaksi  return  penjualan akan  otomatis  mempengaruhi  jumlah  stock  barang  tsb  yg menjadi bertambah dan jumlah uang kas yg berkurang untuk membayar transaksi return tsb.


12. MENCATAT BIAYA OPERASIONAL
untuk mencatat setiap biaya operasional langkahnya sbb ;
a. dari halaman utama klik menu 'biaya', klik menu 'operasional'
b. isi  kolom  nama  biaya berupa  keterangan  atas  biaya  yang  dikeluarkan,  misalkan  'gaji untuk edi'
c. isi kolom kategori dengan pengelompokan yang buat misalkan 'kategori=gaji pegawai'
d. isi kolom total sesuai jumlah uang yg dikeluarkan untuk biaya tsb.

untuk install dan kode ktivasinya langkahnya sbb:
- software Mitra Celluler di install sampai finish
- id         = admin
  password     = admin















- keluar dari form registrasi dan masuk setting, Ganti Nama Toko Hp Anda.
- Silahkan masukkan no.registry yang mudah diingat.

- untuk mendapatkan No.Registrasi jika anda gunakan Ollydb Defixed, OllyDbg, dan sejenisnya.
  kode unik Ollydb-Defixed: msvb_Vbastrcmp atau msvv_Vba_new2

- Setting komputer regional indonesian di control panel jika dibutuhkan.

baca panduan lengkap cara olly defixed 
Download Panduannya
http://www.4shared.com/file/Ecvu7PGs/tuts-counter_HP-chafitblogspot.html
pass:www.chafit.blogspot.com
Yang teliti ya belajarnya :














Kode Unik:
-1001919068
CHAFIT



Stack address=0012F470
EAX=00163364, (UNICODE "C447EDA8")


EAX=00187C94, (UNICODE "661277DA8")
EDX=00000000


Stack SS:[0012F4E0]=00185E3C, (UNICODE "661277DA8")
EAX=00000009



EAX=00194CFC, (UNICODE "61277DA8")
EDX=00000010

007C48A0 . 8B02 MOV EAX,DWORD PTR DS:[EDX] ; mitrasel.00834C00


DS:[00162870]=00834C00 (mitrasel.00834C00)
EAX=00194CFC, (UNICODE "61277DA8")

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

--------------------
ISI KOMENTAR ANDA DI BAWAH INI

BLOG CHAFIT CENTRE

Total Kunjungan